Cara Menghilangkan Komedo Putih di Wajah
source: google.com

Cara Menghilangkan Komedo Putih di Wajah

Cara Menghilangkan Komedo Putih di Wajah

Cara Menghilangkan Komedo Putih di Wajah
source: google.com

Apa itu titik putih?

Cara Menghilangkan Komedo Putih di Wajah – Whiteheads, juga dikenal sebagai komedo tertutup, adalah salah jerawat yang umum. Ini ditemukan di permukaan kulit sebagai benjolan putih milimetrik. Titik-titik putih itu keras, tertutup ke luar dan tidak bisa dihilangkan seperti titik-titik hitam jika dikencangkan.

Seperti semua bentuk jerawat, pori-pori; Whiteheads terbentuk ketika minyak tersumbat oleh sel kulit mati dan bakteri. Bintik-bintik putih dapat muncul di mana saja di tubuh, tetapi biasanya muncul di wajah, leher, bahu, punggung atas, dan dada. Tidak seperti komedo putih, komedo hitam adalah jenis jerawat berpori terbuka. Bintik-bintik putih biasanya tidak menyebabkan peradangan. Namun, jika bakteri masuk ke komedo, infeksi bisa terjadi dan  bisa berubah menjadi papula atau pustula yang meradang.

Mengapa bintik putih terjadi?

Hormon, obat-obatan, jenis make up tertentu, dan genetika adalah semua faktor yang dapat berkontribusi pada seseorang yang memiliki komedo putih. Berikut beberapa faktor yang dapat menyebabkan komedo putih:

  • Gesekan yang dengan benda yang ada di kepala
  • Udara kotor dan kelembaban
  • Pemakaian kacamata
  • Memencet jerawat
  • Menggosok kulit secara berlebihan

Jerawat dapat terjadi ketika pori-pori tersumbat terinfeksi bakteri Propionibacterium acnes (P. acnes) yang ditemukan secara alami pada kulit. Penelitian saat ini menunjukkan hubungan yang kuat antara jerawat dan diet, perawatan wajah yang buruk, atau stres. Juga, pembentukan whiteheads dapat memburuk 2 sampai 7 hari sebelum periode menstruasi dimulai.

Bagaimana Anda bisa menghilangkan bintik-bintik putih pada kulit Anda?

Cara Menghilangkan Komedo Putih di Wajah
Source: google.com

Meskipun ada berbagai metode untuk menghilangkan komedo putih dan lesi jerawat lainnya di hidung atau wajah, tidak semuanya berhasil untuk semua orang. Seseorang mungkin perlu mencoba beberapa produk atau teknik yang berbeda sebelum menemukan yang paling cocok untuk mereka. Strip pembersih pori untuk hidung tidak membantu mengobati komedo putih, karena hanya mencoba membersihkan minyak dari pori-pori yang terbuka.

Perawatan tanpa resep:
Sebenarnya banyak produk yang mengandung bahan aktif seperti benzoil peroksida dan asam salisilat yang dijual secara legal. Manfaat dari kedua bahan ini yaitu dapat digunakan untuk mengobati jerawat. Benzoil peroksida membunuh bakteri dan membantu menghilangkan minyak dan sel kulit mati dari pori-pori. Ini juga dapat mengurangi pembengkakan yang terkait dengan jerawat. Asam salisilat membantu membuka pori-pori kulit dan dapat mencegah terbentuknya komedo putih.

Bahan aktif lain yang ditemukan dalam obat jerawat yang dijual bebas adalah asam alfa-hidroksi dan belerang. Ini membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dari pori-pori dan mengurangi bengkak. Sulfur juga dikenal untuk membantu mengontrol kulit berminyak.

Produk penghilang jerawat dan whitehead yang dijual bebas meliputi:

  • krim
  • gel
  • produk pencuci muka
  • Anda juga dapat mencoba perawatan kosmetik penghilang noda.

Sangat penting untuk terus menggunakan produk perawatan kulit yang dijual bebas bahkan setelah noda jerawat hilang. Menghentikan penggunaannya dapat memungkinkan bakteri baru masuk ke pori-pori dan menyebabkan bintik putih lainnya.

Perawatan dengan resep:
Produk yang dijual legal dan metode alami lebih berhasil dalam mencegah pembentukannya daripada mengobati komedo putih dan lesi jerawat bernanah.

  • Gel atau krim resep yang mengandung retinoid
  • antibiotik
  • Sementara resep anti-androgen yang mempengaruhi hormon androgen di kelenjar sebaceous kulit dapat memperbaikinya, tidak ada manfaat dari pengobatan yang dijual bebas atau oral untuk komedo tertutup.

Namun beberapa perawatan jerawat, seperti pil KB atau obat yang mengandung retinoid, tidak dapat digunakan selama kehamilan karena dapat menyebabkan efek samping yang merugikan. Metode perawatan yang berbeda mungkin tersedia, jadi siapa pun yang khawatir tentang jerawat harus berbicara dengan dokter kulit.

Apa yang dapat Anda lakukan untuk mencegahnya?

Cara Menghilangkan Komedo Putih di Wajah
source: google.com

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk membantu mencegah whiteheads pada kulit:

  • Anda harus mencuci kulit Anda, dan terutama wajah Anda, dua kali sehari dengan pembersih lembut dan air hangat.
  • Setelah periode atau jam ketika Anda berkeringat berlebihan, Anda harus menghapus semua make-up dan mencuci kulit Anda.
  • Anda tidak harus menggosok kulit Anda.
  • Anda harus menggunakan produk make-up bebas minyak, pelembab dan tabir surya.
  • Anda hanya boleh menggunakan produk “noncomedogenic” di wajah Anda.
  • Anda harus menghindari kontak dengan produk rambut seperti hair spray dan gel rambut di wajah Anda.
  • Anda harus menjauhkan rambut, tangan, dan topi dari wajah dan garis rambut. Anda tidak harus menyentuh wajah Anda terlalu banyak.
  • Anda harus menghindari memencet jerawat atau komedo putih.
  • Anda harus mengurangi stres.

Satu-satunya pengobatan untuk bintik putih, yaitu komedo tertutup, adalah perawatan kulit dengan cara mekanis. Karena setelah kulit melunak, bintik-bintik putih ini perlu dikosongkan. Sangat penting bagi ahli kecantikan berpengalaman untuk melakukannya di bawah pengawasan dokter kulit, agar tidak menyebabkan kerusakan permanen pada kulit Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.