Berhasil ! Cara Budidaya Kelengkeng di Rumah 2022
google.com

Berhasil ! Cara Budidaya Kelengkeng di Rumah 2022

Berhasil ! Cara Budidaya Kelengkeng di Rumah 2022

Berhasil ! Cara Budidaya Kelengkeng di Rumah 2022 – Nama Cina untuk buah lengkeng terdengar puitis tapi menakutkan. Tetapi wisatawan tidak berani dan senang berpesta dengan “mata naga” (longyan). Untuk populasi Asia Tenggara – Cina, Vietnam, Indonesia, Thailand – buah ini adalah bagian yang akrab dan penting dari makanan, seperti kerabat terdekatnya: leci, pitomba, rambutan.

Buah-buahan lengkeng tumbuh hingga ukuran sedang, berbentuk bulat dan terkumpul dalam tandan. Secara lahiriah, buahnya menyerupai kacang. Itu ditutupi dengan kerak tipis tapi padat berwarna kuning tua atau coklat kemerahan. Ini tidak cocok untuk makanan, tetapi tidak sulit untuk menyelamatkan buah darinya: kulitnya cepat pecah, memperlihatkan bubur kaca yang bisa dimakan – aril. Disebut juga roofer dan seeder. Warnanya putih, berair dan memiliki aroma khusus. Tulang gelap yang besar dan mengkilat tersembunyi di bawah adonan manis.

Berhasil ! Cara Budidaya Kelengkeng di Rumah 2022
source: google.com

Simpan buah di lemari es agar tetap segar selama seminggu, tetapi hanya jika belum matang. Pembelian buah lengkeng harus didekati dengan hati-hati. Jika belum matang dan pada awal musim panas, hanya buah-buahan seperti itu yang paling sering dijual, mereka tidak boleh dimakan. Buah beri dibiarkan berbaring pada suhu kamar selama beberapa hari untuk menikmati rasanya yang tidak biasa. Dengan datangnya musim gugur, risiko mendapatkan buah matang meningkat. Lebih baik memakannya segera, karena tidak disimpan untuk waktu yang lama, mereka segera menjadi asam.

Persiapan benih

Ketika buah yang dibeli dari pasar atau dibawa dari hari raya dimakan, benihnya ditanam di dalam pot. Tidak sulit untuk menumbuhkan pohon yang megah darinya, menarik pandangan kagum ke rumah dan tamu yang iri di suatu tempat. Penanam berpengalaman merekomendasikan menempatkan benih di tanah bergizi segera setelah mengeluarkan ampas. Tingkat perkecambahan benih tanaman segar jauh lebih tinggi. Ketika lubang sedikit meregang, mereka menyusut dan mengering, membuatnya lebih sulit atau bahkan tidak mungkin untuk menumbuhkan pohon darinya.

Jika tidak memungkinkan untuk memasukkan benih segar ke dalam pot, Anda harus mencoba menyimpannya untuk ditanam.

  • Pertama, bijinya agak kering.
  • Bersihkan kulit kayu dengan kain lembut agar tidak berjamur.
  • Bungkus dengan kertas timah atau handuk kertas.
  • Mereka memasukkannya ke dalam kotak kecil dan menyimpannya selama maksimal 2 minggu sampai mereka mendarat.

Tulang yang disiapkan dengan cara ini berkecambah dengan baik. Ada sedikit rahasia yang akan membuat benih segar lebih cepat berkecambah. Setelah tulang disimpan dalam air selama 3 hari, ditempatkan di lemari es. Dia menanamnya 5 hari kemudian. Pemrosesan seperti itu akan membantu kecambah untuk menetas, bahkan jika buahnya bukan kesegaran pertama dan telah disimpan lama sebelum dibeli. Oleskan dan rendam benih sebelum ditanam. Setelah menambahkan stimulator pertumbuhan ke air hangat, tulang ditempatkan di dalamnya. Setelah 6-8 jam, dikeluarkan dari larutan dan diletakkan di lantai.

Beberapa penanam bunga lebih suka menabur benih pohon yang sudah berkecambah. Setelah diambil dari janin dan dibersihkan, dikeringkan selama 1-2 hari dan diletakkan di atas serbet kertas. Tulang tersebut kemudian dibungkus dengan selembar kain katun basah. Bundel dengan bahan tanam ditempatkan di atas palet, yang ditempatkan di dalam kantong plastik. Tetap hanya menunggu penampilan tulang belakang. Ini membutuhkan kehangatan dan kelembaban konstan untuk berkecambah. Karena itu, kain dibasahi secara berkala dengan menyemprotkan dari botol semprot. Setelah 1-2 minggu, akar akan muncul dari tulang, setelah itu bisa ditanam di pot.

Agar upaya apa pun untuk mendapatkan pohon eksotis di rumah berhasil, penting untuk memilih buah yang tepat dari mana benih itu diambil. Jika dibeli di awal musim panas, kemungkinan kecambahnya rendah, karena buahnya tidak punya waktu untuk matang sepenuhnya. Terlihat bahwa benih dari buah-buahan yang dijual jauh dari tanah kelahirannya terkadang berkecambah dengan lambat. Penjelasan di sini sederhana. Buah dikumpulkan sebelum matang agar tidak rusak selama pengangkutan yang lama.

Berhasil ! Cara Budidaya Kelengkeng di Rumah 2022
source: google.com

Persiapan

Kelengkeng memiliki bintik putih kecil di tulangnya. Saat mendarat, ia harus menghadap ke samping. Jika benih ditempatkan dengan benar, akarnya yang kuat akan jatuh bebas 4-10 hari setelah ditanam di tanah. Tunas akan muncul dari tanah setelah 6-12 hari. Kadang harus nunggu sebulan. Itu akan telanjang dan benar-benar lurus. Banyak penanam bunga ketakutan ketika muncul, berpikir bahwa mereka salah meletakkan batu di tanah, dan bukannya lari darinya, akar muncul. Tapi segera daun akan terbentuk pada tunas dan semua keraguan akan hilang.

Tanah lengkeng membutuhkan tanah yang gembur dan subur dengan pH berkisar 5-6. Lebih baik membeli yang sudah jadi. Substrat nutrisi untuk tanaman eksotis cocok untuk pohon masa depan. Bagian bawah pot ditutupi dengan lapisan drainase tebal dari batu-batu kecil dan pasir kasar. Longan tidak membutuhkan pendaratan yang dalam. Di rumah, tulang-tulang itu ditaburi lapisan tipis tanah dan direndam di dalamnya dua pertiga panjangnya. Mereka membutuhkan kehangatan untuk berkecambah. Udara di dalam ruangan harus dipanaskan hingga 24-25˚C. Akan lebih baik untuk memberikan benih dengan pemanasan tambahan tanah dari bawah. Panci dapat diletakkan di atas dudukan, dan panci itu sendiri dapat diletakkan di atas baterai panas. Dari atas itu dikencangkan dengan bungkus plastik, yang dilepas setiap hari untuk waktu yang singkat untuk ventilasi rumah kaca mini.

Anda dapat mempermudah dan mempercepat proses perkecambahan benih. Untuk melakukan ini, sebelum tanam, kulit kayu harus digosok ringan dengan amplas atau digores dengan hati-hati dengan pisau tajam. Tetapi bahkan tanpa persiapan seperti itu, buahnya memberikan tunas yang cepat dan ramah.

Tanaman muda berukuran besar, dengan akar tebal. Kelengkeng menyukai tanah yang kaya nutrisi, jadi bibit harus sering diberi makan. Lebih baik mengambil wadah terpisah untuk menanam benih – pot atau wadah yang dalam dan lebar. Mereka akan berkembang dengan baik di dalamnya dan tidak perlu dipetik, akibatnya tidak semua tanaman akan diterima. Pada awalnya, lengkeng muda sangat rentan, jadi di rumah lebih baik segera menempatkan bibit di bawah toples transparan atau di rumah kaca mini. Ketika bibit tumbuh dan menjadi lebih kuat, mereka ditransplantasikan ke pot yang lebih luas dan lebih dalam, dengan hati-hati ditransplantasikan, berusaha untuk tidak merusak sistem akar.

Perkembangan mereka memiliki kekhasan tersendiri. Hal ini ditandai dengan pertumbuhan yang intens pada awalnya. Namun, setelah 2 minggu, ketika bibit sudah mencapai panjang sekitar 15 cm, mereka hampir berhenti. Mereka akan tumbuh perlahan setelah itu, tapi itu normal. Untuk perkembangannya, bibit membutuhkan siang hari yang panjang (12 jam). Jika gelap lebih awal, tanaman secara artifisial mengkompensasi kurangnya cahaya dengan lampu. Tanah dalam pot harus selalu lembab, dan daun bibit harus disemprotkan secara teratur.

Perawatan pohon

Longan bersahaja. Budidayanya tidak memerlukan pengetahuan dan keterampilan khusus dari pemilik taman dalam ruangan. Tetapi penanaman di ambang jendela hanya akan berhasil jika pohon itu memenuhi 4 syarat:

  • pencahayaan yang baik;
  • panas konstan;
  • kelembaban tanah yang tinggi;
  • panci yang dalam.

Siram secara teratur, hindari pengeringan tanah sekecil apa pun. Paling-paling, pohon itu akan berakhir gundul, menumpahkan semua daun, paling buruk akan mati. Jangan takut menyirami tanaman secara berlebihan. Kelembaban yang berlebihan tentu tidak akan membahayakannya. Kusen jendela tempat pot lengkeng berdiri harus ringan. Dengan kurangnya sinar matahari, tidak ada satu buah pun yang matang di cabang-cabangnya. Butuh lengkeng dan top dressing biasa. Komposisi organomineral cocok untuknya.

Musim dingin untuk pohon adalah periode istirahat, di mana ia tertidur dan mengumpulkan kekuatan untuk menghasilkan buah. Dibutuhkan 3 bulan. Karena itu, sudah di akhir musim gugur, pohon itu mulai jarang disiram. Suhu paling nyaman baginya selama periode ini adalah 14-16˚C. Tingkat iluminasi tetap sama. Kelengkeng membutuhkan kehangatan sepanjang siklus hidupnya. Bahkan pohon dewasa pun takut akan angin dingin dan angin kencang. Di alam liar, raksasa yang tampaknya tak terkalahkan ini mati jika suhu turun hingga -2˚C. Ini sangat mempersulit penanaman budaya di rumah, tidak termasuk ventilasi apa pun di periode musim gugur-musim dingin.

Lengkeng di taman dalam ruangan dapat menderita hama:

  • kutu putih;
  • serangga skala;
  • tungau laba-laba

Agar mereka tidak merusak pohon, Anda perlu memeriksa daunnya secara berkala. Setelah menemukan hama, mereka melawannya dengan bantuan persiapan khusus. Untuk tujuan pencegahan, air hangat disemprotkan ke pucuk pohon. Prosedur sederhana dengan pengulangan yang sering ini akan melindungi lengkeng dari serangan tungau laba-laba. Pemangkasan formatif memberi pohon penampilan yang indah dan terawat. Ini membawa dengan baik. Ovarium pertama pada lengkeng terbentuk pada usia 4-7 tahun. Tetapi tidak setiap pemilik berhasil mengumpulkan buah matang dari cabangnya.

Keindahan eksotis longa, bersama dengan sifatnya yang relatif bersahaja, memikat banyak penanam bunga. Tapi buahnya juga sangat bermanfaat. Mereka kaya akan vitamin dan karbohidrat, mengandung kalium, fosfor, magnesium, zat besi dan riboflavin, yang memberi tubuh energi dan membantu mengatasi stres dan aktivitas fisik yang intens. Bola yang tidak mencolok ini memiliki sifat antioksidan tinggi yang membantu menjaga keremajaan dan kesehatan.

Buah matang dalam lengkeng buatan sendiri menghilangkan rasa lelah, menghilangkan pusing, menyegarkan, meningkatkan vitalitas. Ini adalah obat alami terbaik untuk kelemahan umum dan pucat. Dan tidak adanya lemak di dalamnya memungkinkan Anda untuk memasukkan buah-buahan pohon dengan aman ke dalam makanan, bahkan bagi mereka yang melakukan diet rendah kalori. Demi semua ini, ada baiknya menanam lengkeng di taman dalam ruangan.

 

Kelengkeng adalah pohon yang selalu hijau dengan mahkota yang lebat dan menyebar. Kelengkeng pertama kali muncul di Cina. Saat ini, tanaman subtropis ini dapat ditemukan di antara perbukitan. Pohon itu dengan mudah mentolerir salju selatan hingga -3 derajat. Rasa longa bisa bervariasi. Di Thailand lebih mirip anggur dan di Vietnam lebih mirip koktail buah.

Menanam lengkeng di rumah

Sulit untuk membeli lengkeng di Rusia. Seperti banyak buah eksotis lainnya, jarang diimpor ke toko domestik. Namun jika Anda berhasil mendapatkannya, jangan membuang biji lengkengnya, karena Anda dapat dengan mudah mengeluarkannya.

Keluarkan inti dari daging buah dan keringkan di atas serbet selama satu atau dua hari. Setelah itu, bungkus bahan tanam dengan kapas, kain sedikit lembab dan letakkan benda kerja di atas palet, yang harus ditutup dengan bungkus plastik.

Lengkeng, sebagai suatu peraturan, tumbuh hanya dalam kondisi kelembaban konstan dan suhu tinggi, dan oleh karena itu, jangan lupa untuk menyemprot kain dari pistol semprot saat mengering dengan tulang yang dibungkus di dalamnya. Akar kecil akan terbentuk pada benih setelah satu hingga dua minggu.

Siapkan pot dan isi dengan tanah bergizi yang gembur dan lapisan drainase, lalu tanam benih yang tumbuh sedalam enam sentimeter. Tulang belakang harus menghadap ke bawah.

Anda akan melihat tunas pertama dalam 14 hari, dan setelah beberapa minggu tunas lengkeng akan mencapai dua hingga tiga sentimeter. Lebih banyak lengkeng dalam banyak hal mirip dengan merawat tanaman tropis dari batu, tetapi Anda harus ingat bahwa pada awalnya ia tumbuh sangat cepat, dan kemudian ia akan melihat jeda dalam pertumbuhannya. Ini terjadi ketika mencapai ketinggian 15 sentimeter, setelah itu tumbuh jauh lebih lambat.

Lengkeng adalah buah tropis lezat lainnya dari keluarga sapindaceae, bersama dengan leci dan rambutan. Pastinya semua orang yang pernah melihat dan mencicipi kelengkeng langsung memiliki asosiasi dengan buah anggur. Pertama-tama, tentu saja, dari penampilannya – lengkeng tumbuh dan dijual dalam kelompok yang indah. Namun, buah lengkeng, yang sebenarnya merupakan buah biologis, tidak tumbuh sekencang anggur.

Apa itu lengkeng? Mari kita lihat lebih dekat. Ini adalah buah-buahan kecil dengan diameter rata-rata 1-1,5 cm, selalu berbentuk bulat sempurna, dengan kulit coklat-krem matte yang sangat mudah dikupas, dan daging putih-transparan manis dengan batu besar gelap di tengahnya. buah. Secara struktur, lengkeng paling mirip dengan leci. Rasa lengkeng berbeda – misalnya, di Thailand lengkeng agak mirip anggur, dan di Vietnam lengkeng benar-benar berbeda, seperti koktail buah. Kita dapat dengan aman mengatakan bahwa di Vietnam buah ini jauh lebih enak daripada di negara lain. Selain rasa asli lengkeng Vietnam, ada perbedaan lain dibandingkan dengan Thailand, Cina, dan Indonesia – ini adalah konsistensi daging buah dan ukuran buahnya. Di Vietnam, lengkeng yang lebih besar dan dagingnya jauh lebih lembut dan empuk. Di sana, buah ini juga disebut Mata Naga,

Selain Vietnam, lengkeng sangat umum di Thailand, Cina, Taiwan dan Indonesia, serta Sri Lanka dan India selatan. Cina dianggap sebagai tempat kelahiran longa, tetapi menurut beberapa sumber masih Vietnam, jadi masalah ini kontroversial. Untuk pertama kalinya buah ini dibicarakan pada tahun 1896. Kemudian seorang pria kembali dari perjalanan berikutnya dan memberikan beberapa anakan lengkeng kepada istri Raja Thailand. Raja memerintahkan beberapa untuk ditanam di Chiag Mai, ibukota buah Thailand, dan beberapa di Bangkok. Ini sudah berapa lama menyebar ke Thailand, di mana sekarang sangat besar.

Tak heran jika nama tengah lengkeng adalah bola mata, karena lengkeng sangat mirip dengan mata manusia. Nilailah sendiri – tulang hitam bundar mengintip dari adonan tembus pandang, pupil dan putih mata seperti, dan kulit longa terlihat seperti kelopak mata.

Pohon lengkeng selalu hijau dan tingginya mencapai 20 meter, meskipun rata-rata tumbuh 10 meter. Ini memiliki mahkota yang sangat padat dan menyebar. Meskipun merupakan tanaman tropis, ia dapat mentolerir embun beku hingga -3 derajat.

Cara menanam lengkeng di rumah

Kelengkeng cukup mudah tumbuh di rumah karena tahan terhadap cuaca buruk, baik suhu dingin maupun kekeringan dan panas yang ekstrem, serta mudah berbuah.

Bibit lengkeng harus segera ditanam setelah dikeluarkan dari buahnya, paling banyak keesokan harinya, jika tidak, mereka akan langsung kehilangan daya kecambahnya. Untuk memastikan perkecambahannya, Anda perlu mengarsipkan kulit kayu sedikit, karena sangat padat, dan juga meletakkan kacang polong dengan tulang di tumpukan. Tulang dapat ditutup dengan tanah atau Anda tidak bisa – mereka akan tetap bertunas.

Pertama, tulang lengkeng memberi akar sekitar seminggu setelah tanam, kemudian lingkaran muncul dan daun tumbuh, yang terjadi setelah seminggu. Ada juga opsi seperti itu – membiarkan benih berkecambah dengan kain lembab atau di alat khusus untuk perkecambahan biji, dan baru kemudian menanamnya di tanah. Pada awalnya lengkeng tumbuh sangat cepat, kemudian ketika mencapai ketinggian sekitar 15 cm berhenti tumbuh, kemudian terus tumbuh jauh lebih lambat.

Buah lengkeng terlihat seperti Lun Yan, yang berarti “Mata Naga” dalam bahasa Cina. Buah manis dan lezat ini ditanam di Cina berabad-abad yang lalu dan ditanam dan dijual di pasar di seluruh Asia saat ini.

Pertumbuhan

Kelengkeng adalah tanaman yang sangat termofilik. Di masa dewasa, ia hanya dapat menahan sedikit penurunan indikator suhu hingga minus dua derajat. Di musim dingin, pohon itu tidur, yang memastikan buah yang sangat baik di masa depan. Budaya ini secara alami menyukai air karena tumbuh di iklim yang sangat lembab. Jangan takut menuangkan, hati-hati dengan kekeringan tanah yang berlebihan. Bahkan kekeringan jangka pendek penuh dengan daun jatuh dari tanaman, akibatnya tanaman bisa mati.

Kelengkeng dianggap cukup bersahaja bila ditanam di dalam ruangan. Reproduksi kultur ini terjadi dengan biji, setelah dikeluarkan dari janin mereka mempertahankan kesamaannya hingga dua minggu. Dimungkinkan juga untuk menanam budaya ini dengan bantuan stek.

Bibit harus ditempatkan dalam wadah yang lebar dan cukup dalam yang diisi dengan campuran yang subur. Pilihan yang sangat baik adalah campuran tanah untuk tanaman eksotis, dibeli di toko bunga terdekat. Drainase harus ditempatkan di bagian bawah tangki – kerikil kecil dan pasir sungai kasar. Biji berkecambah cukup cepat dan hampir semuanya bersama-sama. Bibitnya terlihat cukup besar dan memiliki akar yang tebal.

Perkecambahan yang berhasil hanya mungkin jika suhu udara tidak turun di bawah dua puluh lima derajat. Setelah Anda melihat benih menetas, bangun rumah kaca kecil di atasnya. Jika saat ini siang hari berlangsung kurang dari dua belas jam, tanaman membutuhkan pencahayaan tambahan. Selain penyiraman yang sering dan berlimpah, penyemprotan secara teratur juga diperlukan. Satu minggu setelah perkecambahan, tanaman harus ditanam di wadah yang berbeda.

Berbuah dapat terjadi tiga sampai lima tahun setelah tanam. Buah-buahan membentuk kelompok yang terlihat seperti anggur. Jika Anda menanam lengkeng di rumah, ingatlah untuk melakukan pemangkasan bentuk secara teratur. Dalam beberapa kasus, tanaman dapat diserang oleh berbagai jenis serangga skala, tungau laba-laba, dan kutu putih.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.