Buah Naga, Hylocereus undatus ( Pitaya blanca) 
source: google.com

Pohon Buah Naga Merah, Hylocereus undatus ( Pitaya blanca) 

Pohon Buah Naga Merah, Hylocereus undatus ( Pitaya blanca)

Buah Naga, Hylocereus undatus ( Pitaya blanca) – Dengan tahun baru datang pencarian tanaman baru dan menarik. Saya awalnya mendengar tentang tanaman ini, secara memalukan, ketika anak saya memesan Penyegar Buah Naga Magenta berwarna magenta dari Starbucks. Saya mencicipi minuman dingin dan menemukannya, tentu saja, manis dan tropis, tetapi saya jatuh cinta dengan warna yang berasal dari penambahan potongan buah naga berkulit merah muda. Segera saya bertanya-tanya apakah saya bisa menanam buah ini. Setelah beberapa penyelidikan dasar, saya mengetahui bahwa tanaman ini adalah spesies pohon dalam keluarga kaktus; itu seorang pendaki; itu memberi Anda bunga harum dan buah tropis bergizi yang dapat dimakan; dan kulitnya sebenarnya berwarna merah muda neon.

Buah Naga, Hylocereus undatus ( Pitaya blanca) 
source: google.com

Asli Amerika Selatan dan beriklim hangat, lembab, dan dibudidayakan di daerah tropis dan subtropis, buah naga dikenal dengan banyak nama, termasuk buah kaktus, pir stroberi, Belle malam, dan kaktus cahaya bulan. Berdasarkan nama umum, Anda mungkin menyimpulkan bahwa sesuatu mungkin terjadi di malam hari—Anda benar. Dari Juli hingga Oktober, setiap bunga harum putih besar hanya mekar selama satu malam dan kemudian layu pada pagi hari. Bagian naga dari namanya mengacu pada kulit kasar dan duri bersisik yang akan membuat seseorang berpikir dua kali untuk memakannya. Tapi tentu saja Anda bisa; rasanya agak manis, memiliki biji kecil seperti kiwi hitam renyah, dan sebenarnya bergizi. Buah tropis ini mengandung vitamin C dan karoten tingkat tinggi, yang memiliki sifat anti kanker.

Buah naga adalah tanaman tropis terus menerus, dan perlu tetap berada pada suhu sekitar 40 derajat F, dengan suhu ideal antara 60 dan 80 derajat F. Di zona USDA 9-11, buah naga mungkin dapat bertahan hidup di luar ruangan sepanjang tahun. Namun, jika Anda tinggal di luar zona ringan tersebut, maka tanaman ini merupakan kandidat yang tepat untuk wadah sehingga Anda dapat memindahkan tanaman dan pot di dalam ruangan saat cuaca dingin. Ingatlah bahwa pohon buah naga membutuhkan pot besar , jadi Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk berinvestasi dalam boneka atau menempatkan pot Anda di atas roda.

Buah naga subur sendiri sehingga secara teknis Anda hanya membutuhkan satu tanaman untuk menghasilkan buah, tetapi lebih dari satu akan meningkatkan ukuran tanaman Anda. Selain itu, Anda dapat memperbanyak tanaman ini dengan biji yang Anda kumpulkan dari buahnya sendiri. Untuk melakukan ini, potong buah menjadi dua, ambil bijinya, dan cuci untuk memisahkannya dari dagingnya. Keringkan benih semalaman lalu letakkan di tanah pot, tetapi dekat dengan bagian atas. Basahi tanah, tutup dengan bungkus plastik, jaga agar tanah tetap lembab dan tunggu 10 hingga 15 hari hingga benih berkecambah. Setelah mereka bertunas, Anda dapat dengan hati-hati memindahkan bibit ke pot yang sedikit lebih besar. Jika Anda beruntung memiliki teman dengan tanaman induk, Anda dapat dengan sopan bertanya apakah Anda dapat mengambil stek. Setelah Anda melakukan ini, biarkan ujungnya mengering selama beberapa hari. Setelah kering, tanam bagian Anda sekitar dua inci ke dalam tanah dan jaga agar tanah tetap lembab tetapi tidak basah. Mudah-mudahan dalam tiga sampai empat minggu Anda akan melihat pertumbuhan baru, tetapi ingatlah bahwa tanaman Anda mungkin memerlukan beberapa tahun untuk menghasilkan buah.

Cara Memanfaatkan Buah Naga

Buah Naga, Hylocereus undatus ( Pitaya blanca) 
source: google.com
  • Tambahkan buah naga ke salad dan smoothie buah. Rasanya seperti melon dicampur dengan buah pir, dan teksturnya mirip kiwi. Untuk memakan buah naga, potong menjadi dua dan ambil dagingnya atau kupas kulitnya.
  • Panen saat kulitnya merah muda menyala dan tidak lebih cepat karena seperti stroberi, buah ini tidak terus matang dari tanaman.
  • Dengan batangnya yang menyerupai pohon palem, tanaman ini memiliki nuansa eksotis dan akan terlihat seperti rumah di taman tropis yang modern.
  • Tanam kaktus tropis ini sebagai tanaman fokus dalam pot dekoratif dengan lubang pembuangan.

Cara Hidup

  • Buah naga membutuhkan sinar matahari untuk menghasilkan buah sehingga tanamlah di tempat yang terkena sinar matahari penuh atau tempat yang mendapat sinar matahari minimal 6 jam sehari. Saat ditempatkan di dalam ruangan, pastikan tanaman Anda berada di tempat yang hangat dan cerah.
  • Tidak seperti kebanyakan kaktus, buah naga suka memiliki tanah di sisi yang sedikit lembab.
  • Tanam buah naga Anda di tanah pot cepat kering yang diformulasikan untuk kaktus, atau jika ditanam di tanah, pastikan tanah Anda berpasir dan sedikit asam.
  • Buah naga merupakan kaktus yang merambat dan suka memanjat. Itu bisa memanjat 5 hingga 10 kaki jadi berikan dukungan dengan pasak atau teralis. Dan karena tanaman dapat dipenuhi buah, pastikan sistem pendukung Anda sangat kokoh.
  • Tanaman ini menghargai pupuk kaktus rendah nitrogen setiap bulan selama musim tanam musim panas, kemudian ketika musim dingin tiba, hentikan pemberian makan.
  • Waspadai penyerbu kecil seperti kutu daun dan kutu putih, dan makhluk yang lebih besar seperti kelelawar dan burung yang menyukai buah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.